Sabtu, 23 Mei 2009

cara dan tips budidaya KERSEN (TALOK)


Manfaat

Anak anak sekolah bersaing dengan codot dan burung untuk memperebutkan buahnya yang rasanya manis, yang juga dapat diawetkan, seperti tercermin dari nama daerah Sri Lanka 'jam fruit' (buah selai). Informasi tua. dari Filipina menyatakan manfaat bunga kersen untuk ramuan infus untuk menghilangkan pusing kepala, pilek, dan sebagainya. Kulit kayunya yang mudah dikelupas dapat digunakan sebagai kain pembalut kasar. Pohonnya berfungsi sebagai pohon pelindung pinggir jalan; kayunya lunak dan sangat berguna sebagai kayu bakar.

Syarat Tumbuh

Kersen merupakan jenis pioner yang khas, menjelajah lahan-lahan yang terganggu di dataran rendah tropik, yang dapat mempertahankan pertumbuhan yang sinambung. Kersen dapat tumbuh baik pada ketinggian sampai 1000 m dpl. Di Asia Tenggara, kersen merupakan salah satu jenis pohon pinggir jalan yang umum sekali dijumpai, terutama di wilayah-wilayah yang kering seperti di Jawa bagian timur. Kersen tumbuh sendiri di pekarangan yang terinjak-injak dan sepanjang halaman muka toko, di tempat yang tak ada pohon lain dapat tumbuh. Jenis ini menyenangi pH 5,5-6,5; toleransinya terhadap garam jelek sekali.

Pedoman Budidaya

Pohon kersen umumnya tidak dibudidayakan, tetapi tersebar secara spontan. Pohonnya mulai berbunga pada umur 2 tahun. Cangkokan yang dibuat untuk ditanam di pekarangan dapat langsung berbuah.

Pemeliharaan

Tanah yang kaya dan lembap dapat menjamin produksi yang sinambung, yang dapat dipertahankan melalui pemangkasan pergantian.

Hama dan Penyakit

Menurut laporan tidak ada penyakit dan hama yang berbahaya, selain kelelawar.

Tidak ada komentar: