Senin, 31 Agustus 2009

Kapal Induk-Benteng Berjalan Strategis dan Kuat

Kapal Induk-Benteng Berjalan Strategis dan Kuat

Sejak melaut pertama kali pada 1913, pengerahan kapal induk telah mengalami berbagai pasang surut. Perang telah menanamkan berbagai persepsi tentang efektivitasnya. Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Uni Soviet, Jepang, clan Jerman adalah negara-negara yang banyak menangguk pengalaman lalu mengukur diri.


Umumnya menilai, tak mudah menggelar benteng raksasa ini di tengah lautan. Sebuah torpedo atau rudal sudah cukup untuk menamatkan riwayat kapal seharga milyaran dollar ini. Walau begitu, tak ada yang menampik jika imej kapal induk lekat dengan kedigdayaan. Maka, perjalanannya pun tak pernah lepas dari kawalan ketat kapal serta pesawat terbang yang amat responsif terhadap serangan musuh.

Kapal IndukAlhasil, memang hanya negeri kaya macam Amerika Serikat yang mampu mempertontonkan kedigdayaan dengan kapal induk. Dengan Armada Atlantik dan Armada Pasifik-nya, mereka paling tidak telah menguasai empat penjuru dunia. Paman Sam bahkan telah menggunakan kapal induk untuk “kepentingan” diplomasi. Dalam Edisi Koleksi Angkasa ini, Anda akan mendapatkan banyak fakta dan informasi tentang benteng raksasa yang mendunia ini. Lengkap dengan seratus lebih foto-foto eksklusif.


http://sejarahperang.wordpress.com/2008/07/21/kapal-induk/

Tidak ada komentar: