Selasa, 14 April 2009

Ribuan Mumi Suku Inca Ditemukan



Washington DC– Ribuan mumi kuno suku Inca, beberapa dibungkus bersama barang-barang milik mereka menjadi kelompok kecil, ditemukan terkubur di kota kecil dekat Lima, Peru.
Para ahli purbakala mengatakan bahwa penemuan ini mungkin dapat memecahkan misteri yang selama ini ada di lingkungan peradaban suku Inca.
Sejauh ini, para peneliti telah menemukan sisa -sisa dari 2.200 individu, diperkirakan masih banyak lagi yang lain masih terkubur.
”Mumi-mumi ini mulai ‘berbicara’ dengan kami, menceritakan banyak cerita yang menakjubkan.,” kata seorang ahli purbakala Guillermo Cock.
Dari salah satu bungkusan mumi tersebut terdapat 135 kilogram kapas mentah, jasad dari seorang mulia suku Inca, seorang bayi, dan juga 70 macam barang lainnya seperti makanan, tembikar, kulit hewan, dan jagung untuk membuat sejenis minuman ragi yang dikenal dengan sebutan Chicha.
”Bungkusan mumi seperti kapsul waktu dari suku Inca, ” kata Johan Reinhard, seorang penjelajah di lingkungan National Geographic. ”Banyaknya mumi yang ditemukan dalam satu masa, dapat memberikan kesempatan besar untuk mengetahui informasi mengenai keberadaan suku Inca.”
Penguburan mereka diperkirakan terjadi antara tahun 1480 dan 1535 di tempat yang menjadi pusat pemakaman suku Inca, yang menguasai Amerika Selatan sebelum dijajah oleh Spanyol. (ap/art)

Tidak ada komentar: