Minggu, 05 Juli 2009

Cara Trackback Komentar Jarah Jauh

Definisi trackback, singkatnya: komentar jarak jauh. Apabila dalam posting / artikel kita memuat link ke artikel di blog lain plus ditambah trackback (bagi pengguna wordpress), maka sebagian tulisan posting kita akan nongol di kotak komentar blogger yang kita muat linknya tersebut. Dan hampir dapat dipastikan, si empunya blog akan langsung meluncur ke blog kita begitu dia tahu ada yang mengirim “link-cinta” pada artikelnya. Trackback ini selain berfungsi untuk “memaksa” blogger lain membaca artikel kita, juga merupakan cara efektif untuk menjalin hubungan “percintaan” (baca, persahabatan) antar blogger.

Formula Trackback

Seperti dijelaskan di sini, cara membuat trackback adalah sebagai berikut:

1. Di salah satu kalimat di posting Anda buat tautan (link) ke artikel di blog lain. Contoh, http://yacobsemesta.blogspot.com

/2008/01/28/apa-itu-cinta/
2. Pasang trackback / lacakbalik dari artikel yang dilink di tempat yang tersedia yakni di bawah kotak posting yang bertuliskan “Kirim Lacakbalik ke” atau “Send trackback to”
3. Bentuk trackback adalah alamat link + /trackback/.
4. Setelah selesai menulis artikel, klik “Terbitkan” atau “Publish” seperti biasa. Tunggu beberapa saat dan silahkan meluncur ke blog yang dilink, akan muncul di komentar posting yang dilink beberapa potong tulisan Anda yang linknya mengarah ke artikel Anda. Inilah salah satu bentuk readership building ala blogger yang kalau blogger yang dilink tadi merasa seneng dengan isi artikel kita bisa berlanjut melakukan kunjungan berikutnya walau tidak lagi dikirimi “upeti” trackback. :)

Tidak percaya? Mari kita buktikan. Di tulisan ini, saya akan mengirim link dan trackback ke salah satu postingnya Priyadi dan Cosa Aranda. Dapat dipastikan begitu mereka online dan menjenguk kotak komentarnya saya yang ngirim trackback, mereka akan penasaran datang ke sini. Setelah itu mungkin mereka akan memberi sedikit komentar di sini atau sekedar tersenyum geli dan pergi sambil geleng-geleng kepala dan (mungkin) menghapus trackback saya.

Catatan:

1. Dalam ngelink ke posting blog lain, sebaiknya konten artikel berkaitan. Sebab kalau tidak akan dianggap spam oleh yang dilink dan mungkin akan dihapus.

2. Trackback dapat dilakukan lebih dari satu (pisah dengan spasi) sesuai dengan jumlah link yang ada di artikel.

selamat mencoba..^^

A Fatih Syuhud
http://afatih.wordpress.com

Tidak ada komentar: