Senin, 08 Juni 2009

cara bagaimana Membuat Postingan Blog Yang Menarik,

ini tipsnya

1. Tuliskan artikel dengan fokus kepada keinginan dan hasrat mereka pembaca anda, bukannya hasrat dan keinginan anda.

Jika anda bisa menulis untuk mereka maka saya yakin setiap postingan anda akan menarik bagi pembacanya.

Karena setiap orang yang membaca postingan anda mereka selalu berpikir: “What’s in it for me?”

Jadi bila anda fokus membantu mereka, memecahkan masalah mereka, fokus memberi mereka solusi atau share kepada mereka, maka mereka akan senang membaca postingan anda.

Salah satu pelajaran yang saya dapat dari bukunya Joe Vitale mengenai membuat tulisan yang memukau adalah: Setiap pengunjung website, pembaca email, pengunjung blog anda, di kepala mereka sedang terjadi dialog ini:

=> Emangnya Gue Pikirin?
=> Terus kenapa?2. Jadilah diri anda sendiri.

Nggak perlu menulis dengan gaya bahasa yang terlalu formal. Jangan terlalu kaku. Just be yourself aja. Ini juga pelajaran lain yang saya pelajari dari buku Joe.

Walau kelihatan sederhana namun ini sangat crusial. Menjadi penulis yang hebat artinya, harus berani menjadi diri kita sendiri.

Kalau kata Ivan Gunawan atau Helmi Yahya ketika memberi komentar: “Keluar dari bayang-bayang seorang penyanyi, jangan mencoba meniru, apalagi menjadi dirinya” Jadilah diri sendiri yang unik. :)

Kenapa ngeblog harus berbeda. Jadilah diri anda sendiri. Kalau anda lucu, meluculah. Kalau anda serius, seriuslah. Enjoy aja lagi. :)

3. Anda tidak harus menyenangkan semua orang. Tulis saja sesuatu yang anda suka dan tahu banyak tentangnya.

Sekalipun tidak semua orang akan membacanya, tapi paling tidak anda sudah konsisten dengan bidang anda, sesuatu yang anda suka. Sebagai contoh, diawal saya ngeblog, saya ingin memberikan semuanya, saya masuk ke berbagai bidang, saya tulis mengenai bermacam hal.

Namun sambil jalan, saya menemukan ciri saya sendiri, akhirnya sekarang saya mengambil “Tips Bisnis Online” sebagai thema besar blog ini. Dan saya tahu tidak semua orang akan cocok dan suka dengan topik itu. Namun saya yakin ada sangat banyak yang suka.

Dan orang yang masuk ke blog ini, menjadi lebih tertarget. Jadi walaupun kunjungan ke blog ini mungkin tidak akan sebanyak kalau saya membahas berbagai hal, saya tetap senang karena yang datang adalah sangat targeted.

4. Rajin-rajinlah membaca, dan mencari ide dari mana-mana, termasuk blog lain.

Membaca membuat anda tahu banyak dan berwawasan. Dan menjadikan anda semakin menarik. Terutama dibidang yang anda ingin kuasai. Jika anda tahu banyak, maka anda akan menjadi bahan rujukan alias expert dibidang itu bagi orang yang ingin mempelajari bidang yang sama. Nah mereka akan senang denga apa yang anda tuliskan karena anda tahu banyak.

Dan tidak ada salahnya belajar/cari ide dari blog-blog yang lain. Ini akan membuat anda fresh, dan kembali lagi pulang ke blog anda, anda akan mengantungi banyak ide-ide baru untuk dituliskan.

Main-main ke toko buku favourite anda sangat bagus untuk memperluas pandangan kita. Dan ada banyak sekali ide yang bisa didapatkan.

Dari sebuah buku bagus saja, saya percaya ada banyak postingan yang bisa dibuat, seperti yang saya lakukan dengan buku “Hypnotic Writing”nya Joe.


=> Manfaatnya untuk saya apa?

Pelajaran ini merubah persepsi saya, saya jadi sadar bahwa, oya yah, ternyata pengunjung/pembaca email/blog/web saya itu egois, dan itu wajar, setiap dari kita sama. Mereka selalu mencari sesuatu mengenai keinginan mereka. Jadi fokuskan dengan hal itu. Beri sesuatu untuk mereka.

Jika anda terus menerus cerita tentang anda, mungkin mereka semua akan bosan dan tidak kembali lagi

dari
http://kerjakeras.com/membuat-postingan-blog-yang-menarik-bagaimana-caranya/

Tidak ada komentar: