Selasa, 09 Juni 2009

Totok Thai Herbal, Relaksasi Wajah khas Thailand


Di sebelah dipan berlapis kain batik di Anita Salon, Jln CBD Blok J No 2 Sektor 9 Bintaro, Tangerang terdapat sebuah wadah yang di dalamnya berisi bundelan yang mengepul.

"Itu bundelan herbal, asalnya dari Thailand, tapi bahan-bahannya lokal," ujar Dr (HC) Anita Rahayu, terapis sekaligus pemilik Anita Salon.

Lebih lanjut, Anita menjelaskan bahwa bundelan tersebut memberi banyak manfaat bagi mereka yang telah mencobanya. "Bukan hanya untuk kecantikan, treatment ini juga bagus untuk kesehatan," sebutnya, merujuk pada Terapi Totok Thai Herbal yang merupakan treatment baru di salonnya.

Menurut Anita, yang memang baru saja kembali dari Thailand, Totok Thai Herbal memang patut dicoba karena merupakan perpaduan beberapa treatment sekaligus. "Perpaduan unik kepompong ulat sutera, totok wajah, dan herbal kompres ini mampu membuat kulit wajah cerah berseri dan tubuh menjadi fit kembali," terang wanita yang selalu tampil cantik ini.

Sebagai hasil dari ketiga treatment tersebut, jelas Anita, terapi yang diadaptasinya dari Negeri Gajah Putih itu akhirnya akan memberi perasaan rileks, segar, sekaligus menghadirkan kulit yang sehat berkilau. Pertama, kepompong yang menjadi tahap penting pertama berfungsi sebagai --yang akan mengangkat lapisan sel kulit mati sekaligus meremajakan dan mencerahkan kulit.

Sebuah penelitian ilmiah membuktikan bahwa kepompong mengandung banyak protein yang baik untuk kecantikan. Bahkan, sejarah pun berbicara mengenai fungsi kepompong dalam mempertahankan kehalusan dan keremajaan kulit. Lima ribu tahun lalu, putri-putri Cina telah menggunakan kepompong ulat sutera sebagai bahan perawatan kulitnya.

"Kepompong ulat sutera memiliki komposisi jaringan yang mirip dengan struktur kulit manusia, dengan jumlah asam amino yang hampir sama, begitu juga dengan tingkat pH. Keistimewaan lain, kepompong ulat sutera juga mengandung zat antibakteri yang bermanfaat melindungi jaringan kulit," ujar Dr Hauschka, ilmuwan asal Jerman.

Tahap kedua, totok wajah bermanfaat memperlancar sistem peredaran darah dan metabolisme tubuh. Hal tersebut secara otomatis dapat membantu menghilangkan stres, rasa penat, dan membuat tubuh lebih segar. Bukan hanya itu, berkat tenaga prana yang ikut dialirkan saat totok dilakukan, energi positif dalam tubuh pasien juga akan semakin meningkat.

"Bila energi positif ini terjaga secara konstan, pancaran auranya pun terlihat meningkat seiring kesehatan fisiknya," terang wanita yang juga memiliki usaha restoran ini.

Selanjutnya, langkah terpenting terletak pada kompres herbal yang selain memberikan perasaan rileks lebih dalam, juga memiliki manfaat bagi kesehatan. "Bundelan herbal ini mengandung rempah-rempah seperti kunyit, laos, kulit dan daun jeruk, serai, serta eucalyptus yang membuat aromanya begitu segar, terlebih setelah di-steam," papar Anita.

Tidak jauh berbeda dengan totok, kompres herbal juga dilakukan dengan menggunakan teknik pemijatan pada titik-titik akupresur. Adapun panas dan uap yang keluar dari kompres tersebut membantu menyebarkan manfaat positif rempah yang dihasilkan ke daerah yang lebih luas.

Selain itu, Anita juga mengatakan, herbal kompres memiliki profil Yin-Yang, bekerja pada meridian-meridian atau saluran-saluran tertentu, sehingga diyakini mampu mengatur dan menyelaraskan keseimbangan energi qi dan melancarkan peredaran darah.

"Karena itu, herbal kompres juga bisa membantu mengatasi rasa nyeri otot, pegal linu, masuk angin, ketegangan pada otot, batuk pilek, sakit perut, rasa lelah, serta susah tidur," jelasnya.

Sebagai langkah terakhir dan melengkapi keseluruhan treatment, Totok Thai Herbal ditutup dengan penggunaan masker aroma terapi. Lalu, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menikmati paket lengkap relaksasi ala Thailand ini? Tidak lama. Cukup sediakan waktu kurang lebih 75 menit dan Anda pun bisa merasakan treatment yang dibanderol seharga Rp 115.000,00 ini. Cukup terjangkau bukan? Nah, tunggu apa lagi? (Koran SI/Koran SI/nsa)

Tidak ada komentar: