Senin, 29 Juni 2009

Michael Jackson Gemerlap dan Skandal


Michael Jackson adalah pemusik serba bisa dan gerak tari kepala yang khas telah mengantarkannya dari seorang anak ajaib menjadi superstar solo sebelum pelecehan seksual terhadap anak menghancurkan reputasi dan karirnya.

Berita kematian Jackson yang diwartakan media karena serangan jantung, meledak manakala penyanyi berusia 50 tahun itu berencana mengadakan tur "come back" ke dunia musik dalam 50 konser yang dijadwalkan dimulai di London pada 13 Juli nanti.

Limapuluh konser ini akan menjadi rangkaian konser pertamanya selama 12 tahun dan diperkirakan oleh promotor AEG Live bakal memberi Jackson keuntungan lebih dari 400 juta dolar AS.

Popularitas Jackson mencapai puncaknya pada 1982 lewat album dan video musiknya yang ikonik, "Thriller". Dia berhasil menjual kira-kira 750 juta kopi rekaman dan memenangkan 13 Grammy di sepanjang karirnya yang berjaya selama empat dekade.

Namun penyanyi yang terkenal dengan tarian "moon-walking" dan sarung tangan sebelahnya, ditimpa oleh kelakuan-kelakuan aneh yang pada 2008 telah memaksanya menjadi pertama di tengah belitan utang.

Keprihatinan atas kondisi kesehatannya semakin terlihat selama satu persidangan hukum di California pada 2005 karena tuduhan pelecehan seksual anak dimana akhirnya dia bebas, dan pada 2008 manakala dia diambil gambarnya di Las Vegas di kursi roda untuk alasan yang tidak pernah dijelaskan.

AEG Live menyatakan Jackson telah lolos menjalani tes kesehatan yang panjang pada awal 2009, sebelum konser di London diumumkan.

Jackson dihormati sebagai pemusik kulit hitam pertama yang memperoleh perhatian luas menyusul penampilannya di saluran musik MTV.

Video musiknya seperti "Thriller" yang diantaranya mengenalkan tarian ala zombie dan lagu "Beat It," telah melangkahi batas-batas seni video musik, sementara performa panggungnya yang spektakular telah melahirkan jutaan penggemar di seluruh dunia.

Setelah peluncuran "Thriller," majalah Time menggambarkannya sebagai "fenomena solo terpanas sejak Elvis Presley" dan mendaulatnya sebagai bintang rekaman, radio dan video rock.

Pelecehan Seksual
Namun keyakinan Jackson bahwa "Aku adalah Peter Pan di lubuk hatiku", ungkapan yang ditujukannya kepada anak-anak, persahabatannya dengan seekor simpanse bernama Bubbles, suara tingginya dan bedah plastik, telah membuatnya dijuluki "Wacko Jacko."

Perubahan perlahan-lahan warna kulitnya menjadi pucat putih --yang disebutnya sebagai akibat dari pigmentasi kulit-- dan kesukaannya mengenakan masker bedah dan pernah mengayunkan anaknya sendiri dari atas loteng, menambah reputasinya sebagai seorang yang eksentrik.

Setelah dua kasus hukum pada 1993 dan 2003 yang semuanya tidak terbukti bersalah karena kasus pelecehan seksual anak laki-laki selama menginap di Neverland Ranch di California, Jackson tidak pernah lagi mengembangkan talenta musiknya yang luar bisa seperti semasa mudanya.

Setelah dibebaskan dari tuduhan pelecehan seksual terhadap anak lelaki berusia 13 tahun pada 2005, Jackson menutup gerbang peristirahatannya di Neverland dan hidup berpindah-pindah di Bahrain, Dubai, Irlandia dan Las Vegas, sambil menghadapi perkara-perkara hukum menyangkut keuangannya.

Berulangkali Jackson menyatakan bahwa dia mencintai anak-anak dan tidak akan pernah menyakiti mereka namun seringkali dia mempertahankan pendapatnya untuk tidur seranjang dengan anak-anak.

"Anak-anak mencintai saya. Saya cinta anak-anak. Mereka ingin seperti saya. Semua orang boleh masuk ke kamar saya. Seorang anak boleh ke kamar saya jika mereka mau," katanya dalam satu wawancara televisi tahun 1996.

Superstar Dunia
Dilahirkan pada 19 Agustus 1958 di Gary, Indiana, Jackson mulai menyanyi sebagai anggota termuda band Jackson 5, dimana dia pertamakali meneken kontrak rekaman pada 1968 di usia ke-11.

Lagu-lagu hit seperti "ABC" dan "I'll Be There" membuat band bersaudara ini menjadi grup musik pertama dalam sejarah pop AS yang memancangkan empat lagunya sekaligus dalam tangga lagu paling populer di AS. Tahun 1972 Jackson meluncurkan album solonya yang pertama.

Di tahun-tahun dini mereka, dibawah gemblengan keras sang ayah, mereka mencapai sukses besar.

Jackson kemudian mengatakan bahwa dia telah membangun rumah di Neverland, lengkap dengan kebun binaang, lintasan mini kereta api, bioskop dan komidi putar karena dia ingin memiliki tempat yang bisa menciptakan apapun yang tak pernah didapatnya di masa kecil.

Dia berkolaborasi dengan produser Quincy Jones untuk membuat "Off the Wall" (1979) yang membuat empat single-nya mencapai hit dan kemudian "Thriller" dimana tarian dan corak rock dan popnya menghasilkan tujuh lagu yang bertengger sekaligus di tangga Top Sepuluh lagu terpopuler AS dan bertahan hingga dua tahun.

Pada 2009 album ini mencetak rekor penjualan lebih dari 45 juta kopi di seluruh dunia.

Pada 1985, bersama Lionel Richie, dia menulis singlenya yang didekasikan untuk korban kelaparan di Afrika berjudul "We Are The World," yang menjadi salah satu lagu single paling cepat laris di masanya.

Album-album hit seperti "Bad" dan "Dangerous" mengikuti setelah itu, dan Jackson mulai menyebut diri sebagai Raja Pop ditengah rumor negatif mengenai kehidupan pribadinya.

Pada 1994, dia memberikan ganti rugi kepada seorang anak yang diduga menjadi korban pelecehan seksual dirinya di California.

Beberapa bulan kemudian, dia mengguncang dunia setelah menikahi anak perempuan satu-satunya Elvis Presley, Lisa Marie Presley, namun pasangan ini bercerai pada 1996.

Tahun itu juga, dia menikahi mantan perawat Debbie Rowe dan dikaruniai dua anak-- Prince Michael Jackson I dan Paris Michael Katherine.

Mereka pisah ranjang pada 1999. Empat tahun kemudian dia dikaruniai satu lagi anak, Prince Michael Jackson II, dari seorang perempuan yang tak diketahui identitasnya.- ant

Tidak ada komentar: