Sabtu, 09 Mei 2009

Superman




Superman, juga dikenal sebagai Manusia Baja (The Man of Steel), adalah tokoh fiksi karakter pahlawan super yang paling terkenal dan berpengaruh dari DC Comics.

Diciptakan oleh seorang seniman Kanada, Joe Shuster, dan penulis AS Jerry Siegel pada 1932 saat mereka masih remaja di Cleveland, Ohio dan kemudian menjualnya kepada Detective Comics, Inc. pada 1938. Superman pertama kali muncul dalam Action Comics #1 (Juni 1938) dan kemudian juga muncul di berbagai serial radio, acara televisi, film, surat kabar, komik, novel, dan permainan video. Dengan kesuksesan petualangannya, Superman membantu menciptakan genre superhero dan membuat keunggulan didalam buku komik Amerika.

Asal-usul

Seperti diceritakan dalam Action Comics #1, Superman lahir di planet Krypton dengan nama Kal-El, dan ketika masih bayi diluncurkan dengan roket ke Bumi oleh ayahnya, Jor-El, sesaat sebelum planet itu hancur. Roket kemudian mendarat di Bumi, di sebuah ladang, yang ditemukan oleh pasangan Kent, Jonathan Kent dan Martha Kent, yang kemudian mengadopsinya dan diberi nama Clark Kent. Sebagai seorang anak yang sedang tumbuh, ia menemukan bahwa ia menguasai kekuatan yang jauh diatas manusia biasa dan menggunakan kekuatannya untuk menolong orang lain. Untuk menyembunyikan rahasia identitasnya saat tidak sedang berhadapan dengan penjahat sebagai seorang Superman, ia hidup sebagai Clark Kent, manusia biasa yang berwatak halus, seorang reporter The Daily Star (kemudian berganti nama menjadi The Daily Planet). Clark bekerja bersama reporter Lois Lane, dan terlibat kisah asmara dengannya, dan diceritakan menikah dalam lanjutan kisah komiknya.

[sunting] Karakteristik

[sunting] Data Pribadi

* Nama asli: Clark Kent (Planet Bumi) / Kal-El (Planet Krypton)
* Status: Menikah
* Tinggi: 6'3" (192.024 cm)
* Berat: 102.1 kg
* Warna mata: Biru
* Rambut: Hitam
* Alias: Man of Steel, Man Of Tomorrow, Last Son of Krypton dan Krypton's Favorite Son
* Pekerjaan: Petualang, reporter surat kabar, kolumnis, novelis, mantan editor.
* Group Affiliasi: Justice League of America (saat ini); Justice League International
* Alamat: Metropolis, Amerika Serikat

[sunting] Keluarga

* Jor-El (ayah; mati);
* Lara (bunda; mati);
* Jonathan Kent (ayah angkat),
* Martha Clark Kent (bunda angkat);
* Lois Lane (istri);
* Harry Kent (paman angkat);
* Sarah Kent (bibi angkat)

[sunting] Serial komik Superman

Komik dengan peran Superman sendiri tidaklah sesukses pada awal-awal kemunculannya. Superman lalu bergabung pada kelompok JLA sebagai pemimpinnya dan menjadi sebuah komik tersendiri. Dilain pihak Superman melakukan Cross-Over dengan jagoan dari DC lainnya seperti Superman vs Batman dan lain sebagainya.

[sunting] Kematian Superman (The Death of Superman)

Superman yang menjadi pemimpin Justice League of America tidak lepas dari masalah intern seperti masalah kedisiplinan para anggotanya. Dan juga jatidiri super hero lainnya di mata para penduduk.[rujukan?]

Setelah berhasil menolong mahluk dari bawah tanah, Superman yang telah selesai dengan tugasnya memutuskan untuk menuju ke studio untuk mengikuti wawancara sebuah televisi swasta. Dalam wawancara itu dibeberkan beberapa hal umum seperti masalah kedisiplinan anggota JLA. Sebelum menyelesaikan wawancara, sebuah panggilan datang dan Superman terbang untuk menyelamatkan dunia.

Panggilan itu berasal dari para anggota JLA yang menghadapi monster bernama Doomday. Sekuat apapun para JLA berusaha menghentikan tetapi tak satuppun berhasil. Hal yang lebih mengejutkan, gabungan serangan yang mereka lakukan tidak berefek padanya. Bahkan menghancurkan alat Limiter miliknya. Alat yang berguna mengurangi kekuatan si monster.

JLA termasuk Superman yang turut membantu tak berhasil menghentikan. Doomday berjalan dengan tenangnya menuju kota. Dengan kekuatan terakhir, Superman mengejarnya dan berusaha mengalahkan Doomday sebelum timbul banyak korban.

Pertarungan berlangsung seru hingga Superman mengetahui kelemahannya dia berada di tanduk seputar badannya. Dengan sekuat tenaga dia berkelahi dengan dibantu oleh pasukan khusus terbang. Super-girl yang berusaha menahan harus jatuh dan terluka parah.

Doomsday berhasil dikalahkan dengan dibayar mahal, Superman meninggal. Meninggal di pangkuan kekasih yang dicintainya.

[sunting] Dunia tanpa Superman (The World Without Superman)

Kisah ini adalah jembatan antara kematiannya dan kembalinya sang manusia super. Disini diceritakan betapa menderitanya Louis kehilangan Clark, JLA yang merasa berhutang budi pada Superman dan melakukan pekerjaan Superman yaitu menjadi santa claus di hari natal.

Beberapa malah berusaha mencurinya dan kemudian dikembalikan. Lex Luthor yang menjadi tokoh jahat dalam komik malah tidak di angkat dengan jelas pada kesedihannya akan kehilangan seorang figur yang harus dikalahkan.

Kisah ini di akhiri dengan hilangnya Superman? Tetapi dari yang terlihat tidak ada yang menculiknya tetapi Superman sendiri yang bangkit?

[sunting] Kembalinya Superman (The Return of Superman)

Superman yang hilang pada kisah sebelumnya mendadak muncul kembali tetapi dalam bentuk berbeda. Dia memakai kacamata merah dan sangat kasar. Louis merasa bahwa dia memang Superman tetapi nadanya sangat berbeda.

Sementara itu muncul Superman lainnya yang menunjukkan bahwa dia adalah sang Superman karena dia Clone dari sang pahlawan. Superman ini tidak mau dipanggil sebagai Superboy.

Superman lain berbentuk seperti manusia besi atau dipanggil Man of Steel. Berbeda dengan para Superman lainnya, Man of Steel lebih mirip seperti Superman pada jiwanya. Jiwa penolong dan mau rela bertanggung jawab.

Sementara itu Superman terakhir adalah superman yang tubuhnya hampir seluruhnya adalah robot. Forensik dan penelitian menunjukkan kemungkinan besar tubuhnya adalah berasal dari superman.

Tapi dibalik itu semua. Sesosok mahluk misterius menuju ke arah Bumi. Sementara itu dari kutub utara, seseorang memasuki robot dan berjalan menuju Metropolis.

[sunting] Crossover

[sunting] DC Versus Marvel

Pada tahun 2007, sebuah situs mengadakan pemilihan superhero dengan tenaga terkuat yang diberi judul “The Most Strength Superhero” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Superhero terkuat”. Berikut adalah yang menempati posisi kesatu hingga ketiga. 1.The Incredible Hulk (dari Marvel comic) 2.Superman (dari DC comic) 3.The Thing dari Fantastic Four (dari Marvel comic)

Namun kemudian, DC yang bekerja sama dengan Marvel menerbitkan komik gabungan yang berjudul “DC versus Marvel”. Pada komik ini mempertemukan beberapa tokoh DC melawan tokoh Marvel. Dan di antaranya mempertemukan juara 1 The Incredible Hulk yang dipertemukan melawan Supeman. Dan pada pertarungan ini, Superman berhasil mengalahkan The Incredible Hulk yang berarti meruntuhkan pendapat bahwa Hulk lebih kuat daripada Superman. Bahkan The Thing yang menempati posisi ketiga berhasil dikalahkan oleh Martian Manhunter yang kembali meruntuhkan posisi The Thing.

[sunting] Media Elektronik

[sunting] Filmografi

[sunting] Movie

* 1948: Superman sebuah serial dalam 15 chapters dibintangi oleh Kirk Alyn dan Noel Neill.
* 1950: Atom Man vs. Superman serial dalam 15 bagian dibintangi oleh Kirk Alyn, Noel Neill dan Lyle Talbot. Fights Atom Man / Lex Luthor.
* 1951: Superman and the Mole Men, feature film, dibintangi oleh George Reeves dan Phyllis Coates.
* 1954: Stamp Day for Superman, film berdurasi pendek menampilkan George Reeves dan Noel Neill mempromosikan Stamp Day untuk Department Keuangan Amerika.
* 1978: Superman, arahan Richard Donner dan dibintangi oleh Christopher Reeve, Marlon Brando, Gene Hackman dan Margot Kidder.
* 1981: Superman II, arahan Richard Lester dan dibintangi oleh Christopher Reeve, Margot Kidder, dan Terence Stamp.
* 1983: Superman III, arahan Richard Lester dan dibintangi oleh Christopher Reeve, Richard Pryor, Annette O'Toole dan Robert Vaughn.
* 1984: Supergirl, spin-off arahan Jeannot Szwarc dan dibintangi oleh Helen Slater dan Faye Dunaway.
* 1987: Superman IV: The Quest For Peace, arahan Sidney J. Furie dan dibintangi oleh Christopher Reeve, Gene Hackman, Margot Kidder, dan Mariel Hemingway.
* 2006: Superman Returns, arahan Bryan Singer dan dibintangi oleh Brandon Routh, Kate Bosworth dan Kevin Spacey.
* 2006: Superman II: The Richard Donner's Cut. Edit baru film Superman II, menampilkan sekitar 70% footage baru yang diambil oleh sutradara Richard Donner, termasuk materi baru menampilkan Marlon Brando.

[sunting] Serial Televisi

* 1952 - 1958:Adventures of Superman, dibintangi oleh George Reeves, Phyllis Coates (season 1) and Noel Neill (seasons 2 - 6).
* 1957: I Love Lucy - episode "Lucy and Superman" menampilkan George Reeves sebagai Superman.
* 1961: The Adventures of Superboy tidak ditayangkan di TV series pilot starring Johnny Rockwell.
* 1975: It's A Bird, It's A Plane, It's Superman, Televised production of the Broadway dibintangi oleh David Wilson and Lesley Ann Warren.
* 1988 - 1992: Superboy, starring John Haymes Newton (1988–1989), Gerard Christopher (1989–1992) and Stacy Haiduk
* 1993 - 1997: Lois & Clark: The New Adventures of Superman, starring Dean Cain and Teri Hatcher.
* 2001 - (saat ini): Smallville, starring Tom Welling, Michael Rosenbaum, Kristin Kreuk and Erica Durance.

from wikipedia

Tidak ada komentar: