Rabu, 27 Mei 2009

Rekor terbanyak makan hotdog di dunia

ini dia Sang pencetak rekor baru itu bernama Joey Chestnut, berasal dari San Jose (California), berusia 23 tahun, dan berberat badan 112,5 kg. Ia berhak atas penghargaan Mustard Belt.

Chestnut menumbangkan si pemilik enam rekor terdahulu, Takeru Kobayashi, yang berumur 28 tahun dan berberat badan 85 kg. Kobayashi ikut bertanding dengan cedera pada rahang gara-gara terlalu banyak berlatih melahap sebanyak-banyaknya hotdog dalam latihan menjelang lomba tersebut. Namun, meskipun rahangnya sakit, ia masih sanggup menghabiskan 63 hotdog.

Kembali ke Chestnut, sejak mengikuti babak kualifikasi sebelum ambil bagian dalam lomba itu dan berhasil melahap 59 1/2 hotdog, ia bertekad untuk membawa pulang Mustard Belt ke AS. Chestnut dan Kobayashi bersaing ketat di menit terakhir hingga Kobayashi terlihat tidak bisa membuka lagi rahangnya.

Setelah memeriksa piring-piring dan sisa-sisa makanan para peserta, dewan juri lomba tersebut mengumumkan bahwa Chestnut-lah sang pemenang. Kobayashi jadi juara kedua dan peserta yang menjadi pemenang ketiga menghabiskan 49 hotdog.

"Untuk enam tahun terakhir Kobayashi telah unggul. Di tahun ketujuh, ia tak bisa memotongnya," kata Chestnut kepada Reuters. "Ini terasa mengagumkan. Dalam waktu lama sabuk itu telah pergi jauh ke Jepang, tapi tahun ini sabuk tersebut berada di sini," lanjutnya.

Lomba makan terkenal di masa lalu di AS, khususnya di waktu libur. Lomba adu banyak makan hotdog merupakan acara utama dalam perayaan kemerdekaan Amerika di pantai Coney Island, New York (AS). Para peserta suka merendam roti di air untuk memudahkan mereka mengunyah dan menghilangkan bumbu-bumbu di dalam roti, seperti saus tomat atau mustard.

Kobayashi, yang tetap ikut bertanding meskipun mengalami cedera pada rahangnya, mengatakan bahwa semua peserta dari tahun ke tahun bertambah bagus. "Saya kalah, tapi ini merupakan yang paling seru yang pernah saya ikuti," tuturnya. "Saya tak merasa sakit, tapi rahang saya tidak bisa digerakkan terbuka," sambungnya, tentang cederanya.

Menurut polisi setempat, 50.000 penonton menyaksikan lomba yang diikuti oleh 17 peserta itu, termasuk dua perenpuan.

Centers for Disease Control and Prevention menyebut, AS memiliki angka rata-rata tertinggi untuk obesitas di tengah negara-negara maju, yaitu sekitar sepertiga dari jumlah penduduk dewasa. Kira-kira 60 juta orang dewasa mengalami obesitas.

Tidak ada komentar: