Rabu, 27 Mei 2009

tips dan cara Kewirausahaan | berwiraswasta

jika anda ingin mencoba ini dia Langkah-Langkah Mencapai Kekayaan Berbasis Kewirausahaan
Siapapun Anda dan sedang menjalani profesi apapun, cobalah isi waktu Anda dengan melakukan wirausaha. Anda tidak usah takut dicap sebagai orang rakus, gila uang, dan terlalu memforsir tenaga atau disebut gila kerja (workerholic). Ikuti langkah-langkah untuk mencapai kekayaan yang berbasis kewirausahaan :


1. Kenalilah Diri Anda
Nasehat Socrates yang ditempelkan di Kuil Delphi, yang berbunyi Kenalilah dirimu sendiri pantas Anda pahami. Kurangnya seseorang mengenali dirinya menyebabkan mereka hidup dalam keadaan buta sama sekali. Buta terhadap tujuan hidup, bakat, kemampuan dan kelemahannya. Orang dapat berbuat sebaik-baiknya setelah sadar sepenuhnya apa yang mereka perbuat dan mengetahui kemampuan dalam bidang yang ditangani. Jika orang bekerja bukan dalam bidangnya, maka orang akan berbuat tidak sebaik-baiknya karena di lubuk hatinya tidak senang pada pekerjaan itu. Jadi hasilnya tidak memuaskan.

Dr. Dale Carnegie, sebelum menjadi penulis Ameriak terkenal adalah seorang miskin yang rendah dan amat memuakkan dirinya. sebagai makelar mobil bekas, sebuah pekerjaan yang tidak diinginkan merupakan siksaan batinnya setiap hari. Pemondokannya amat kumuh. Pernah kejadian ketika ia hendak mengambil baju jasnya untuk suatu keperluan, banyak sekali kecoak yang berlarian di jasnya. Untunglah ia segera sadar akan dirinya sendiri, bakat-bakatnya dan kelemahannya. Sejak itu ia ganti pekerjaan membuka kursus pidato dan menulis. pada perkembangan berikutnya, buku-buku yang ia tulis selalu menjadi best -seller.

2. Jangan Meremehkan Pekerjaan Kecil
Anda cenderung tidak sabaran dalam berusaha. Maunya punya usaha yang langsung besar dan bonavide, dengan laba yang besar pula. Tetapi sebenarnya kejayaan itu tidak dating semena-mena, semua melalui proses. Usaha besar asalnya dari usaha kecil yang dipupul dengan etos kerja, ketekaunan, kemauan berusaha serta semangat yang menggebu-gebu. Fakta telah membuktikan, ketika Indonesia dilanda krisis moneter, banyak usaha besar yang gulung tikar, bank-bank terkena likuidasi dan para konglomerat karbitan itu banyak yang melarikan diri ke luar negeri. Namun disela-sela kelesuan perekonomian itu, usaha kecil masih berjalan. Warung-warung makan dipinggir jalan ramai diserbu oleh pembeli, banyak petani tradisional justru pendapatannya jauh lebih baik dari semula. Justru bias dikatakan para pengusaha kecil inilah yang sesungguhnya merupakan soko guru perekonomian Negara.

Ada baiknya Anda pantas mendengar petuah dari kitab Sasangka Jati : Aja sira age-age nandangi pakaryan gede, utawa ngarep-arep tekane pakaryan gede, amarga pakaryan gede iku arang tekane, kang kerep sira sandung iku pakaryan kang cilik-cilik. Sira aja ngremehake marang pakaryan kang cilik-cilki iku, sabab yen sira during kulina nandangi pakaryan kang gampang, kapriye anggonira bakal nandangi pakaryan kang angel. Mulane samubarang kang tinemu ing tanganira, lakonono kalawan temen-temen ing ati suci, atasna awit Karsaning Gusti, amarga ora ana pakaryan, ing donya iki kang ora atas Karsaning Pangeran, nadyan kang katone remeh pisan.
(jangan engkau menginginkan segera melaksanakan pekerjaan besar, atau mengharapkan datangnya pekerjaan besar, karena pekerjaan besar jarang datang. Yang sering engkau jumpai adalah pekerjaan kecil-kecil tersebut, karena jika engkau belum biasa dengan pekerjaan yang mudah, bagaimana engkau akan mampu melaksanakan pekerjaan yang sulit. Oleh karena itu, segala yang engkau temui di tanganmu, laksanakan dengan sungguh-sungguh dalam hati yang suci, atas nama Karsa Tuhan, karena tidak ada pekerjaan di dunia ini yang tidak karena Karsa Tuhan, meski yang kelihatan remeh sekalipun).

3. Kembangkan Ide
Tidak bisa disangkal jika penemuan-penemuan dari hasil buah pikiran telah menimbulkan bisnis baru. Perkembangan perekonomian, perdagangan disebabkan oleh adanya penemuan-penemuan. Bisa anda bayangkan sekarang dengan menjamurnya rental VCD/DVD, warung telekomunikasi, warung internet, playstation center, rental computer adalah akibat dari penemuan-pemuan baru. Ide-ide adalah titik permulaan dari sebuah keberuntungan. Ide-ide adalah hasil imaginasi. Anda harus mengembangkan ide dan memerlukan banyak keberanian, keyakinan akan diri sendiri untuk menghadapi kecaman dari orang lain. Anon mengatakan :Apabila saudara mengejar ide, janganlah menginjak rem kendaraan saudara. Kebanyakan dari kita selalu ragu, selalu takut untuk mewujudkan ide sehingga ide tinggal ide. Padahal pedoman bagai orang-orang yang berpikir kreatif adalah tertawalah karena mendengar ide yang aneh, tetapi janganlah mentertawakan orang yang mengemukakan

Kisah tentang Coca Cola adalah berasal dari ide seorang dokter tua dibagian Selatan Amerika yang menyodorkan rumus rahasia kepada petugas Apotik. Si petugas Apotik berani membelinya sebesar Rp $500 dari menguras tabungannya. Si Dokter Cuma menerima $500 sedang si pemilik apotik itu telah membeli sebuah ide.

Dokter tua itu juga menghadiahi ketel tua dan centongnya kepada si pemilik apotik Asa Candler. Ketel tua, centong dan rumus rahasia ia aduk dan hasilnya adalah Coca cola menjadikan pemiliknya kaya raya. Ketel tua dan centong telah menjadi saksi romantika bisnis, cinta dan kisah ketel itu sendiri. Ketel tua, centong dan rumus yang tertulis yang difungsikan telah manghasilkan emas melimpah yang telah dibayar oleh jutaan orang yang memerlukan isi ketel itu. Ketel tua itu sekarang menjadi tumpuan bagi ribuan pekerja, produsir gula dan pabrik botol dan telah mempekerjakan pegawai dari berbagai kalangan.

4. Hilangkan Gengsi
Jarang dari kalangan kita yang sudah melalui pendidikan tingkat SLTA ke atas yang mau memulai perjuangan hidup dari bawah, berkotor-kotor ria, misalnya menjadi pedagang kaki lima. Maunya menjadi orang kantoran dengan mencari pekerjaan sana-sini menenteng surat lamaran.

Pendidikan masih dianggap atribut dengan memperoleh gelar yang berfungsi untuk mengisi pekerjaan sebagai pegawai negeri dengan harapan hidup mapan. Padahal tidaklah tepat bila seorang menjadi pegawai negeri hanya karena ingin mencari uang. Sebab pegawai negeri yang dalam bahasa Inggris disebut civil servant (pelayan masyarakat) yang tugasnya memang sebagai pelayan, berapa sih gaji pelayan?.

Tetapi jika menempatkan arti pendidikan sebagai sumber ilmu pengetahuan dan bukan atribut untuk menaikkan gengsi maka pendidikan bisa digunakan untuk sumber inspirasi menjadi kaya. Soichiro Honda, raja motor dan mobil merk Honda ini telah menggunakan pengetahuan yang diperoleh dibangku sekolah untuk menyempurnakan rancangan mesin-meisn mobilnya, ia tidak merasa perlu untuk mengikuti ujian akhir sekolah untuk mendapat gelar sarjana.

Ironisnya Samarinda telah mengajarkan anak-anak muda menjadi manusia bergaya feodal. Anak-anak muda yang bergaya orang kaya, selalu mengandalkan orang tua. Masuk sekolah negeri lewat pintu belakang. Anak yang tidak naik kelas, meminta raport untuk dinaikkan kelas ketika pindah ke sekolah lain. Yang tragis, pendidikan justru memanjakan peserta didik, dengan konsep belajar tuntas dimana tidak ada peserta didik yang tinggal kelas, semua harus naik kelas dengan syarat tuntas belajar. Ini merupakan gaya pendidikan yang menghilangkan jiwa wirausaha pada anak.

5. Mengenal Pola Dasar Kewirausahaan
Ada empat unsur pola dasar kewirausahaan yang perlu Anda kenal dan dilaksanakan yaitu sikap mental, kepemimpinan, manajemen (ketatalaksanaan), serta keterampilan.

Sikap mental merupakan inti pokok kewirausahaan. Anda harus memiliki sikap mental yang baik (positif) seperti proakitivitas, motivasi, kejujuran, etika serta ketekunan, ini akan menentukan keberhasilan Anda. Tetapi jika Anda menjadi pengusaha curang, culas anda hanyalah binatang-binatang bisnis seperti kata Kwik Kian Gie.
Kepemimpinan perlu Anda miliki untuk mengendalikan usaha dan pengambilan keputusan.
Manajemen diperlukan untuk mengelola usaha Anda agar tidak acak-acakan yang bisa menghambat perkembangan usaha. Intinya, dalam mengelola usaha gunakanlah 4 (empat) fungsi manajemen, sesuai pendapat GR. Terry yaitu : perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan.
Keterampilan teknis diperlukan untuk menentukan tinggi rendahnya kualitas produk.
Keempat unsur dasar kewirausahaan tersebut saling menunjang dan dilaksanakan bersama. Namun demikian yang perlu dicamkan, seperti dinyatakan dalam penelitian Harvard University bahwa tercapainya kesuksesan 85% ditentukan oleh sikap mental (attitude) dan 15% oleh keterampilan teknis (technical skill). Padahal komposisi pendidikan di sekolah kita menunjukkan sebaliknya yaitu 90% terdiri dari pengetahuan teknis dan 10% sikap mental. Kalau begitu mampukan sekolah mendidik SDM menjadi wirausaha?

6. Hobi Kerja
Orang-orang sukses ternyata adalah pekerja keras, ulet dan pantang menyerah. Mereka sedikit sekali menikmati hidup yang cuma makan/minum, tidur/istirahat, rekreasi/bermain. Charles Albert Poissant menegaskan bahwa untuk meraih sebuah keberhasilan, yang diperlukan bukanlah bakat, bukan kecerdasan, bukan pula tingkat pendidikan namun yang benar dan paling mendasar adalah kegigihan. Thomas J. Watson, pendiri perusahaan raksasa IBM (International Businesss Machines), mengatakan bahwa kesuksesan tidak ditentukan oleh bakat, tidak pula oleh pendidikan dan kecerdasan melainkan hanya keuletan dan kegigihan. Thomas Alfa Edison, si jenius yang menikmati pendidikan hanya tiga bulan, dia membeberkan rahasia kesuksesannya dengan mengatakan : jenial adalah 1% inspirasi, berikut 99% keringat atau kerja keras.
Kegagalan dalam usaha itu hal biasa sebab kegagalan adalah keberhasikan yang tertunda. Kegagalan tidak usah ditakuti seperti kata bijak : dont be afraid if you failed once, Edison have failed ten thousand time before he succeded in maiking an electric lamp (jangan takut jika gagal sekali, Edison telah gagal 10.000 kali seblum ia menyelesaikan membuat sebuah bola lampu).

Kim Woo Chang, pendiri perusahaan raksasa Daewoo di Seoul, Korea Selatan, mengatakan pada orang banya bahwa hobi satu-satunya yang paling disenangi hanyalah bekerja. Ia juga menceritakan bahwa saat yang paling menyiksanya justru hari libur, hari yang sering ditunggu orang. Kim membayangkan alangkah enaknya jika hari libur ditiadakan, sehingga setiap saat bisa bekerja.
Mahatma Gandhi mengatakan bahwa kemenangan yang sesungguhnya adalah kerja keras, bukan hasil dari pekerjaan itu sendiri.

7. Menciptakan Pasar
Keterampilan teknis untuk menguasai pembuat produk adalah hal yang mudah dilaksanakan. Namun yang sukar adalah setelah produk jadi, kemana harus memasarkan. Hal ini pernah dialami oleh Bob Sadion ketika mulai berbisnis ternak ayan petelur. Waktu itu Bob hanya mengandalkan menjual telur ke tetangga, dijajakan dipinggir jalan atau menunggu para pembeli partai pada dia. Semakin lama peternakan telurnya melimpah, kemana lagi akan menjual?. Maka bob berinisiatif membuka toko yang berkembang menjadi super market sekarang ini.

Jika Anda belum paham tentang kemana akan melempar produk, dan bagaimana seluk beluk tentang pemasaran. Ada baiknya Anda bergabung dulu dengan orang-orang yang telah punya usaha. Pelajari bagaimana kegiatan dia dan jalinlah yang erat dengan relasi-relasi perusahaan tersebut. Jika suatu saat Anda keluar dari perusahaan tersebut Anda telah punya bekal untuk memulai usaha sendiri.

8. Merantau
Jika di daerah sendiri anda menjadi manja, maka untuk membuat tekat yang bulat untuk mencapai kesuksesan alangkah baiknya dicoba untuk merantau. Orang-orang keturunan Tionghoa di negara kita adalah contoh-contoh orang yang sukses, berkat berani meninggalkan tanah leluhurnya. Orang Banjar yang merantau ke Jawa, banyak tyang sukses dalam bisnis kayu. Di Samarinda, Balikpapan kita sering melihat bagaimana para perantau dari Jawa, Madura, Makasar atau daerah lain yang sukses dalam usahanya.

Camkanlah nasehat Imam Syafii yang berbunyi : kalau disuatu tempat tidak ada orang intelek dan beradabnya, maka tinggalkanlah tanah air itu dan pergilah ke negeri orang. Mengembaralah. Engkau akan mendapatkan ganti dari orang yang engkau tinggalkan. Dan berpayah-payahlah karena kenikmatan hidup itu ada dalam kepayahan. Sesungguhnya aku melihat berhentinya air itu akan merusakkannya. Jika air itu mengalir maka akan menjadi baik, tetapi jika air itu berhenti, maka tidak akan menjadi baik. Singa jika tidak terpisah dari hutan, tidak akan buas. Begitu juga anak panah, jika tidak pergi meninggalkan busur tidak akan mengenai sasaran. Matahari, jika berhenti terus menerus di langit semua orang akan bosan, baik orang asing maupun orang Arab sendiri. Biji emas-pun akan seperti tanah jika tetap pada tempatnya. Demikian juga kayu yang dibiarkan tetap jatuh di tanah akan menjadi kayu bakar.

9. Berdoa
Kekuatan supranatural merupakan kekuatan yang diakui oleh wirausahawan untuk membuktikan kesuksesan. Para wirausahawan banyak yang menyakini bahwa kesuksesan itu tidak semata-mata dari kerja kerasnya, namun ada kekuatan dahsyat dari sumber lain diluar kuasa manusia yang menopangnya.

Anda bisa menggunakan kekuutan supranatural ini sesuai kadar kepercayaan Anda kepada-Nya. Ada jalan yang bisa Anda peroleh dari perantaraan cenayang, paranormal, dukun atau mungkin kiyai yang sesat. Mungkin Anda akan dibantu oleh makhkluk yang bertugas untuk memenuhi kesuksesan Anda, biasanya hasilnya lebih cepat, nyata biasanya Anda harus menempuh resiko-resiko yang tidak masuk akal.
Karena Anda sendiri andalah manusia juga yang punya kedudukan sama di mata Tuhan maka ada baiknya minta langsung untuk kesuksesan kepada Tuhan dengan cara berdoa secara baik-baik, ikhlas dan sabar. Ikuti ajaran Tuhan jauhi larangannya. Pupuk selalu keimanan kepada Tuhan supaya hidup menjadi tenang, tidak tergesa-gesa dan selalu berjalan ke arah yang benar.

C. Penutup
Akhirnya laksanakanlah langkah-langkah tersebut dengan sungguh-sungguh, percaya pada diri dan kemampuan Anda akan sebuah keberhasilan di depan mata. Berilah semangat pada diri Anda dengan cara sebelum tidur membisikkan berulang-ulang kalimat : Saya ingin menjadi orang kaya dengan jalan yang benar, saya akan mendapat penghasilan Rp ……. (sebutkan target perolehan Anda) per bulan dari bisnis di bidang ……… (sebutkan bisnis Anda). Coba ucapkan berulang-ulang.

Apa yang Anda lakukan tersebut Anda sedang mensugesti diri sendiri (Autosugesti). Autosugestii adalah suatu cara untuk memeberi semangat pada diri sendiri dengan membangkitkan alam bawah sadar Anda. Dengam cara ini, maka bawah sadar Anda akan mempengaruhi alam sadar Anda dan menggerakkan pikiran, keinginan, untuk melakukan sesuatu yaitu berusaha untuk memenuhi target pendapatan yang telah Anda ucapkan berulang-ulang pada waktu Anda akan terlelap tidur.

Jika keberhasilan telah menimpa Anda itu adalah hasil jerih payah Anda, hasil dari doa Anda dan bukan karena kebetulan. Namun hal itu jangan menjadikan Anda menjadi lupa diri atau takabur, dan ingatlah pesan bijak ini :
1.Kendalikan nafsu sex Anda. Sex memang pendorong orang untuk sukses, tanpa sex orang tidak akan pernah akan sukses. Setialah pada pasangan Anda. Untuk suami setialah pada istri walau kebanyakan dihati laki-laki selalu ada wanita lain. Istri Anda adalah orang yang membangkitkan pikiran Anda melalui rangsangan sex. Napoleon Bonaparte ketika masih bersatu dengan isterinya Yosephine ia orang yang tidak terkalahkan. Tapi ketika Yosephine ia singkirkan, ternyata ia mengalami kemunduruan dan tidak lama kemudian dikalahkan di St. Helena.
2.Bina keharmonisan rumah tangga Anda, buatlah keluarga menjadi sakinah. Sebab jika di dalam rumah tangga beres, maka kegiatan di luar akan menjadi beres pula, begitu pula sebaliknya. Ingat, bukankah Anda mencari uang untuk membahagaikan keluarga?. Ingat pula akan kata bijak : laki-laki kalau banyak uang maunya mau kawin lagi, wanita kalau banyak uang maunya beli barang untuk keperluan dapur/rumah.
3.Bersyukur selalu kepada Tuhan. Sisihkan sebagian harta untuk orang-orang yang belum berhasil seperti Anda. Sisihkan sebagian harta di jalan Tuhan, karena sebenarnya keberhasilnya Anda tidak luput dari campur tangan Tuhan.
4.Jaga kesehatan Anda. Kesehatan mahal harganya. Jika badan sehat, segala sesuatu bisa dilaksanakan bahkan yang kelihatan tidak mungkin.

dari http://www.geocities.com/guruvalah/menjadi_kaya.html

Tidak ada komentar: